8 Dec 2013

Tips Aman Naik Commuter Line


Hai!

Kali ini gue mau bagiin tips buat kalian yang ingin melakukan perjalanan menggunakan Commuter Line. Semenjak adanya subsidi untuk Commuter Line dan diberlakukannya tarif progresif, banyak orang yang beralih ke Commuter Line. Oiya, karena gue akan bahas tentang Commuter Line, jadi buat kalian yang ingin melakukan perjalanan ke kampung halaman di daerah Pulau Jawa, tips ini nggak berlaku ya (kecuali kalau kampung kalian di Kampung Bandan dan Kampung Rambutan :P). Untuk tips ini hanya dikhususkan untuk perjalanan daerah Jabodetabek, karena Commuter Line hanya melayani perjalanan daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Nah berikut beberapa tips yang bisa gue bagikan untuk kalian;



1. Selalu Cek Jadwal
Ini adalah salah satu hal yang paling penting. Jika kalian tidak mengecek jadwal terlebih dahulu, kalian mungkin saja akan berdebu menunggu lama di peron stasiun. Ada beberapa cara untuk mengecek jadwal commuter line. Salah satunya dengan bertanya pada akun resmi PT KAI di twitter @CommuterLine. Kalian bisa tanya jadwal keberangkat commuter line dari stasiun yang kalian inginkan dan sepengalaman gue, adminnya sangat ramah dan fast-responsed kok. Jadi jangan takut digigit sama adminnya ya. Hahaha. Nah untuk pengguna android, ada beberapa aplikasi yang sangat berguna untuk membantu kalian dalam pengecekan jadwal. Kalian bisa cek di Play Store, kalau yang biasa gue pake itu info Commuter. Aplikasi ini sebenarnya dikhususkan untuk membantu kita mengetahui posisi di mana commuter line jurusan yang kita mau berada, sedang di stasiun apa dan akan sampai di stasiun yang kita inginkan pada jam berapa. Nah karena aplikasi ini menggunakan realtime, jadi untuk pengecekan jadwal hanya bisa terlihat untuk commuter line yang sudah diberangkatkan dari stasiun awal. Misalnya kalian mengecek pada jam 7 pagi di stasiun Tebet, nah kalian hanya bisa melihat posisi kereta yang sedang/akan melewati stasiun Tebet pada sekitar jam 7an saja. Tidak bisa kalian mengecek real position commuter yang pemberangkatannya sekitar jam 5 sore, karena aplikasi ini menggunakan realtime dan commurlter line belum tersedia di stasiun awal pemberangkatan. Nah untuk pembahasan aplikasi apa saja yang dapat membantu dalam pengecekan jadwal, akan gue bahas di next post yah.


2. Gunakan Multitrip
Buat kalian yang ingin beralih menggunakan Commuter Line untuk pergi kerja/sekolah, disarankan untuk menggunakan kartu/tiket Multitrip. Kenapa? Karena Kartu Multitrip sangat efisien. Kalian tidak perlu mengantri di loket untuk membeli karcis. Selama saldo kartu multitrip kalian cukup untuk melakukan perjalanan, kalian hanya tinggal tapping di gate in. Praktis bukan? Bayangkan kalian dalam kondisi terburu-buru dan antrian di loket sangat panjang, jika kalian tidak memiliki multitrip, ini akan jadi wasting time.


3. Ucapkan Stasiun Tujuan
Untuk kalian yang hanya ingin jalan-jalan dengan Commut, pastikan pada saat di loket menyebutkan Stasiun Tujuannya ya. Kalau sampe salah sebut, nanti bisa kena suplisi/denda.


4. Hindari Jam-Jam Kerja
Bagi kalian yang menggunakan si Commut setiap hari, ini akan jadi kegiatan rutin, yaitu berdesak-desakan. Nah buat kalian yang hanya sekedar pergi/jalan-jalan hindari naik si commut pada jam-jam kerja (Senin - Jumat jam 06:00-08:30 dan 17:00-19:30 WIB) terutama pada jalur Tanah Abang. Kenapa? Ada beberapa stasiun yang menjadi center wave. Salah satunya Stasiun Sudirman. Jangan kaget jika kalian naik dari Stasiun sebelum Stasiun Sudirman, Commut yang semula masih banyak space, tiba-tiba mendadak sumpek dan desak-desakan. Ya. Seperti yang kita tahu Sudirman adalah pusat perkantoran. Jadi, banyak yang menggunakan si commut untuk transportasinya. Nggak jarang banyak kasus seperti tangan terjepit, saling dorong, teriak-teriak, bahkan sampai pernah ada yang jatuh. Hidup di Jakarta itu memang keras.


5. Berikanlah Kursi Prioritas kepada orang-orang yang seharusnya
Duduklah di kursi prioritas jika kalian: 1) Wanita Hamil, 2) Lansia, 3) Penyandang Cacat, 4) Orang yang membawa anak. Jika kalian bukan salah satu dari yang gue sebutin di atas, pilihlah untuk berdiri. Kenapa sih harus kayak gitu? Karena suatu saat nanti kita akan ada di posisi mereka. Tapi jika kalian tetep ngeyel, siap-siap ditegur petugas kalau nanti ada ibu-ibu hamil / lansia / penyandang cacat / orang yang membawa anak tidak mendapatkan tempat duduk. Karena yang pertama akan ditegur adalah mereka yang duduk di kursi prioritas.


6. Naiklah di Gerbong Khusus Wanita
Khusus untuk kalian yang wanita, agar lebih aman naiklah di gerbong khusus wanita. Gerbong ini berada di gerbong paling depan dan belakang di setiap rangkaian commuter line. Tapi untuk kalian yang pria, jangan nekad naik di gerbong ini ya. Konsekuesinya akan ditegur petugas dan ibu-ibu nanti. xD


7.Tarulah Barang Bawaan di Tempat yang sudah disediakan
Bila kalian membawa barang bawaan seperti tas yang bebannya berat, dan kondisi di dalam commut sedang penuh, tarulah tas kalian di bagasi yang sudah disediakan. Jika kalian tidak bisa menjangkau bagasi, mintalah tolong kepada penumpang lain untuk menaru barang bawaan anda di bagasi.


8. Jika Bingung, Jangan Takut untuk Bertanya
Bingung stasiun tujuan kalian ada di jalur apa? Bingung mau transit di mana? Jika kalian bingung, janganlah takut untuk bertanya. Entah itu kepada petugas atau sesama penumpang.


9. Dahulukan Penumpang yang Turun
Mengalah itu baik selama pada tempatnya. Selalu dahulukan penumpang yang turun dan jangan saling mendorong. Tapi, untuk di Stasiun Tanah Abang jalur 5 & 6 (jurusan Serpong/Parung Panjang/Maja), sebaiknya kalian dahulukan penumpang yang naik. Sebelum pintu commut terbuka, bersiap-siaplah di pinggir pintu, biarkan penumpang di luar masuk terlebih dahulu. Karena jika penumpang sudah membanjiri jalur 5 & 6, mereka akan berubah menjadi tak terkendali. Kalau kalian memaksakan diri untuk keluar, kalian akan terbawa arus penumpang dari luar yang ingin masuk. Jangan khawatir commut akan berangkat kembali, karena di Stasiun Tanah Abang commut di peron 5&6 berhenti cukup lama. :))


10. Selalu Waspada dan Ingat Tuhan
Jagalah barang bawaan kalian jangan sampai berpindah tangan. Waspada itu perlu, mengingat angka krimininalitas di Jakarta relatif tinggi dan jangan lupa berdoa agar perjalanan lancar sampai tujuan.



Krab!! That's all tips for you. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa! Siapa tau nanti kita ketemu di Commut. :P
Cheers,

No comments :

Post a Comment