Jawaban dari Segala Keluhan

Sebuah sore, di atas ranjang gue membuka media sosial dan menonton update-an status beberapa teman gue. Dari deretan stories instagram di linimana, gue menemukan keluhan-keluhan yang menjadi keresahan teman-teman di sana. Mulai dari kerjaan yang nggak sesuai, takdir hidup yang nggak adil, sampai kemacetan ibukota. Risih? Lumayan. Tapi kalau dipikir-pikir, dulu gue juga sering ngelakuin itu. Bedanya, sekarang gue udah dapet jawaban dari semua hal yang gue keluhkan.

Yang gue dapat...

Merasa kerjaan banyak? Sebelum menyalahkan pekerjaan atau pihak yang memberikan kita pekerjaan tersebut, coba pikirkan lagi. Boleh jadi itu karena kita yang kurang baik memanage waktu.

Merasa gaji kecil? Sebelum menyalahkan perusahaan yang menggaji kita, coba pikirkan lagi. Boleh jadi itu karena kita kurang pandai mengatur keuangan.

Merasa gendut? Sebelum menyalahkan lingkungan atau makanan yang kita makan, coba pikirkan lagi. Boleh jadi itu karena kita malas berolahraga.

Selalu sakit? Sebelum menyalahkan cuaca atau tubuh sendiri, coba pikirkan lagi. Boleh jadi itu karena pola hidup kita yang tidak sehat.

Nggak cocok pake produk kecantikan? Sebelum menyalahkan produk yang kita pakai, coba pikirkan lagi. Boleh jadi itu karena tangan kita nggak bersih ketika menggunakan produk tersebut atau kita tidak mengikuti anjuran dari cara pakainya

Intinya, sebelum mengeluh dan menyalahkan pihak lain cobalah untuk introspeksi diri sendiri terlebih dulu. Apakah kita sudah benar? Karena boleh jadi hal yang kita keluhkan datang dari ketidakmampuan kita mengelola sesuatu.

No comments:

Post a Comment